07/05/12

Sehatmu Membahagiakan Kita Semua

Reportase Kegiatan Djarum Foundation
Operasi Katarak Gratis di RSUD R.A. Kartini


Sekitar pukul 07.30 WIB di Selasa pagi, koridor sepanjang di depan ruang Instalasi Bedah Sentral sudah mulai dipenuhi orang-orang. Kursi-kursi yang berjejer rapi, di bawah banner besar bertuliskan Operasi Katarak Gratis, sudah mulai dipenuhi. Bahkan beberapa saat kemudian, karena sudah tidak kebagian kursi, banyak orang yang datang belakangan mesti menunggu dan duduk di taman di depan koridor.

Demikian juga para pasien katarak yang hendak dioperasi, ada yang tidak kebagian tempat duduk. Melihat hal itu, salah seorang panitia dari rumah sakit kemudian mengumumkan melalui pengeras suara, kursi-kursi yang disediakan mohon khusus di tempati oleh saudara-saudari peserta operasi katarak. Ya, begitulah, kursi-kursi yang disediakan memang untuk pasien operasi katarak mata gratis.

Ramainya orang-orang di tempat itu, sebetulnya lebih banyak merupakan para keluarga pasien penderita katarak. Pasien kataraknya sendiri yang sedianya akan dioperasi pada hari itu 50 orang. Bayangkan saja, satu orang penderita katarak diantar oleh keluarganya, anaknya, suami/istrinya, ibu/bapaknya, kakek atau neneknya, yang kalau dirata-rata berjumlah 4 hingga 6 orang.
Memang begitulah, kesehatan bagi satu orang ternyata tidak hanya menjadi kebahagiaan satu orang tersebut saja, tetapi juga menjadi kebahagiaan bagi orang-orang yang mencintainya. Pagi itu, 24 April 2012, RSUD R.A. Kartini menjadi tempat berlangsungngya kegiatan sosial Djarum Foundation bersama PERDAMI JATENG, yaitu Operasi Katarak Mata Gratis untuk masyarakat Jepara.

Sesuai laporan dari RSUD Kartini, dari 123 pendaftar, 50 orang dinyatakan lolos screening, sehingga kelimapuluh orang tersebut yang secara medis dinyatakan dapat dioperasi pada hari itu. Sementara dari PERDAMI Jateng telah menyediakan 6 tim dokter yang siap mengoperasi.

Kusnarto, MKes., Direktur RSUD Kartini pada kesempatan membuka kegiatan operasi katarak mengatakan syukur atas penyelenggaraan kegiatan sosial ini. Peran serta aktif dari Puskesmas-puskesmas, Dinas Kesehatan kabupaten Jepara dan juga masyarakat luas, yang telah merespon secara antusias sehingga kegiatan ini dapat berhasil. Dia juga berharap, agar kerjasama dengan Perdami dan Djarum Foundation dapat dilanjut-kembangkan di kemudian hari. Kusnarto juga mengucapkan terimakasih kepada Djarum atas penyelenggaraan kegiatan sosial yang memang dibutuhkan oleh warga masyarakat ini, terutama penderita katarak.

Sementara itu, Bintang Marisi Margaretha Aurelvina, Djarum Foundation,mengatakan rasa terimakasihnya atas antusiasme masyarakat mendukung kegiatan sosial ini, terutama bagi para keluarga yang telah peduli mendaftarkan anggota keluarganya untuk disembuhkan melalui operasi katarak, hingga mendampingi saudara-saudara di rumah sakit ini. Kerjasama yang sangat baik bersama Perdami dan RSUD kali ini semoga membantu saudara-saudara untuk bisa melihat kembali. “Kami berharap operasi nanti bisa berjalan lancar. Sehingga dapat melihat kembali istrinya yang cantik, atau suaminya yang ganteng, atau cucu-cicitnya yang lucu-lucu, ya.”

Kalau ada salah satu keluarga kita sakit, seluruh keluarga turut merasakannya, kita semua mengusahakannya agar dapat sembuh dan sehat kembali. Demikian pula, semoga pulihnya kesehatan mata Bapak dan Ibu akan membuat seluruh keluarga berbahagia. Dan Djarum, mencoba menangkap dan merasakan hal itu, serta seperti hari ini, mencoba ikut ambil bagian merealisasikan cita-cita mulia saudara-saudara semua. (aj)

Tidak ada komentar:

SURAT CINTA UNTUK SAUDARA TUA

  SURAT CINTA UNTUK SAUDARA TUA Kau terlebih dulu ada Sebagai saudara tua yang setia Kau terlebih dulu berada di sini Siang malam diam-diam ...